Sabtu, 21 Oktober 2017  

Situs LIPI »   Blog LIPI »  

foto
» Profil
» Publikasi
» Kegiatan
» Berita
» Perjalanan LN
» Tamu
» Afiliasi
  »   P2 SMTP
  »   Kelompok riset
  »   Laboratorium
  »   Grup diskusi :
Kelurahan | BTP-P2SMTP | pns 08 | LIPIERS 08 |
»
      tidak ada...
» Tautan favorit
  »   Intra LIPI
  »   Info LIPI
» Statistik
  »   1 artikel
  »   4 komentar
  »   640 kali diakses
  »   0 kali dikirim
  »   28 kali dicetak
» Muhammad Imam Sudrajat ISSN 2086-5252 halaman depan »

» Daftar artikel di kategori yang sama

Radiasi Elektromagnetik Hand Phone dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan
Dibuat : 12/01/17 (12:26 WIB)
Revisi terakhir : 12/01/17 (12:52 WIB)
URL pendek : http://u.lipi.go.id/1484198799

Penggunaan Hand Phone (HP) / telefon genggam sangat meningkat setiap harinya dan memunculkan kekhawatiran bagimana dampak paparan radiasi medan elektromagnetik dari HP terhadap kesehatan. Keluhan kesehatan seperti pusing, vertigo, mual, panas, alergi hipersensitif, hingga kanker merupakan beberapa hal yang sering dikaitkan dengan penggunaan hand phone. Khususnya hand phone (mobile phone), sejak Oktober 2001, berdasarkan kesepakan antara Asosiasi Industri di Eropa dan EU, semua mobile phone yang dijual di Eropa harus mencantumkan informasi nilai Specific Absorption Ratio (SAR). SAR adalah besarnya energi yang diserap per detik saat saat tubuh terpapar medan elektromagnetik pada frekuensi radio (RF). Beberapa organisai Internasional yang telah merekomendasikan batasan SAR diantaranya adalah International Commission On Non‐Ionizing Radiation Protection (ICNRP), Federal Communication Commission (FCC) dan World Health Organization (WHO). Data resmi dari FCC merekomendasikan batasan SAR untuk hand phone adalah sebesar 1.6 Watt per kilogram (W/kg).

Berdasarkan kajian Henrietta Nittby dkk, pada tahun 2009 beberapa efek yang ditimbulkan akibat paparan medan elektromagnetik pada objek mamalia antara lain, perubahan fungsi kognitive, berubahan level neurotransmitter, perubahan ekspresi gen di otak kecil, dan perubahan pada ritme sinyal elektroensefalograf (EEG) otak. Secara umum dampak biologis yang dapat ditimbulkan dari penggunaan medan elektromagnetik (EMF) dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu efek thermal dan efek non-thermal.

a. Efek thermal paparan EMFPeningkatan suhu diakibatkan karena adanya rotasi molekul-molekul di tubuh yang bersifat polar akibat radiasi medan elektromagnetik. Perubahan suhu yang sangat kecil pada sel hidup berpotensi mempengaruhi aktivitas kimia dan biologis sel. Dari beberapa penelitian tentang efek thermal akibat paparan medan elektromagnetik dapat disimpulkan bahwa kedalaman penetrasi dan efek panas ditentukan oleh karakteristik elektrik pada lapisan tissue tubuh. Stankovic dkk dalam penelitiannya yang berjudul Thermal Effects on Human Head from Mobile Phones pada tahun 2015 menyimpulkan semakin kecil permitivitas tissue, semakin jauh penetrasi medan RF kedalam tubuh. Sebagain besar energi yang diserap, semakin banyak panas yang dihasilkan, dan area yang paling panas adalah area yang paling dekat dengan sumber medan RF.

b. Efek non-thermal paparan EMFSejauh ini dampak non-thermal paparan EMF menunjukan hasil yang bervariasi, tergantung objek dan metode yang digunakan. Penelitian yang dilakukan Ammari 2008 terhadap tikus, menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh pada aktivitas otak pada paparan 1.6W/kg pada frekuensi 900MHz. Namun saat besar paparan ditingkatkan hingga 6 W/kg pada frekuensi yang sama, terjadi perubahan metabolisme dan aktivitas neuron.

Referensi : 1. Ammari M, Lecomte A, Sakly M, Abdelmelek H, de-Seze R. Exposure to GSM 900 MHz electromagnetic fields affects cerebral cytochrome c oxidase activity. Toxicology. 2008;250(1):704.2. FCC. Specific Absorption Rate (SAR) for Cellular Telephones [Internet]. 2013. Available from: https://www.fcc.gov/general/specific-absorption- 3. Nittby H, Brun A, Eberhardt J, Malmgren L, Persson BRR, Salford LG. Increased blood-brain barrier permeability in mammalian brain 7 days after exposure to the radiation from a GSM-900 mobile phone. Pathophysiology. 2009;16(2-3):10312. rate-sar-cellular-telephones 4. Stankovic V, Jovanovic D, Krstic D, Cvetkovic N, Markovic V. Thermal Effects on Human Head from Mobile Phone. TELSIKS 2015. 2015;2058.

» Artikel terkait :

» Tanggapan :

  • Komentar Anda :
    Setiap komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Penulis. Khusus untuk komentar dari sivitas LIPI yang ditulis melalui halaman BLOG setelah masuk Intra LIPI langsung ditampilkan tanpa perlu persetujuan Penulis.

    Nama :
      (wajib diisi)
    Surat-e pengirim :
      (wajib diisi)
    Situs pengirim : (kalau ada)

    Isi komentar : (tidak diperkenankan memakai kode HTML)
      (wajib diisi)
    Kata-kunci dinamis :   (wajib diisi)     [ lihat disini ! ]
      atau  

» 4 komentar
» 643 kali diakses
» 0 kali dikirim
» 28 kali dicetak
versi cetak »
kirim ke teman »
berbagi ke facebook »
berbagi ke Twitter »
simpan halaman ini »
terjemahkan halaman ini »

Arsip blog dengan kata-kunci :  

PERHATIAN : Seluruh isi blog ini merupakan representasi dari pandangan dan opini personal pemilik blog sebagai bagian dari kebebasan akademis sivitas LIPI, tetapi BUKAN merupakan representasi kebijakan LIPI secara kelembagaan ! Seluruh isi merupakan tanggung-jawab individu pemilik blog, dan LIPI tidak bertanggung-jawab atas isi maupun aneka akibat baik langsung maupun tidak langsung yang ditimbulkannya.
Berbeda dengan blog pada umumnya, identitas penulis di Blog Sivitas LIPI dijamin kebenarannya.
Artikel yang telah mendapatkan tanggapan tidak bisa direvisi oleh penulis.
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2002-2017 LIPI