Senin, 1 Mei 2017  

Situs LIPI »   Blog LIPI »  

foto
» Profil
» Publikasi
» Kegiatan
» Berita
» Perjalanan LN
» Tamu
» Afiliasi
  »   PK Tumbuhan Kebun Raya
  »   Kelompok riset
  »   Laboratorium
  »   Grup diskusi :
LIPIERS 08 |
»
      tidak ada...
» Tautan favorit
  »   Intra LIPI
  »   Info LIPI
» Statistik
  »   2 artikel
  »   1 komentar
  »   401 kali diakses
  »   0 kali dikirim
  »   49 kali dicetak
» Ayi Doni Darussalam ISSN 2086-5252 halaman depan »

» Daftar artikel di kategori yang sama

Kebun Raya Bogor Temukan Dua Begonia Jenis Baru dari Halmahera
Dibuat : 02/09/16 (09:30 WIB)
Revisi terakhir : 02/09/16 (09:40 WIB)
URL pendek : http://u.lipi.go.id/1472783407

Begonia flora di kawasan timur Indonesia (Sulawesi dan Maluku) masih sangat sedikit terdokumentasi. Selama 150 tahun sejak Teijsman mendeskripsikan jenis endemik dari ternate, Begonia holosericea (Teijsm. & Binn.) Teijsm. & Binn hal ini tercermin dari hanya satu jenis baru yang berhasil ditemukan baru-baru ini, yaitu Begonia sageaensis Wiriad. temuan ini menambah daftar jenis yang ada di maluku menjadi 6 jenis, jumlah ini tentu masih sangat sedikit mengingat banyaknya jumlah pulau-pulau Maluku, dan beragamnya tipe habitat.Pada tahun 2011 Tim Kebun Raya Bogor melakukan kerjasama penelitian dan eksplorasi dengan Fairchild Tropical Botanic Gardens, USA ke Taman Nasional Aketajawe-Lolobata, Halmahera. Pada eksplorasi tersebut ditemukan lah dua jenis Begonia yang setelah diidentifikasi oleh Wisnu H. Ardi merupakan Begonia Jenis baru. Jenis Begonia tersebut diberinama Begonia aketajawensis Ardi & D.C. Thomas dan Begonia holosericeoides Ardi & D.C. ThomasProses observasi dimulai sejak spesimen ditanam dan mulai tumbuh hingga berbunga, pada tahun 2011 sampai 2013, setelah data morfologi telah tercatat secara lengkap dilanjutkan dengan identifikasi, dengan melihat spesimen dari jenis-jenis yang mirip yang berasal dari kawasan maluku dan sekitarnya. pada awal tahun 2014 dilakukan proses submisi naskah ke jurnal Reinwardtia, dan terbit pada pertengahan Desember 2014.Wisnu H. Ardi, penemunya. mengatakan Begonia aketajawensis dan Begonia holosericeoides merupakan jenis endemik Halmahera, jenis-jenis ini memiliki kombinasi karakter unik yang dapat membedakan dari semua jenis-jenis yang ada di kawsan timur indonesia dan terutama dengan jenis yang mirip, Begonia holosericea dari ternate. Begonia aketajawensis memiliki perawakan kecil dan tumbuh merayap, daun berbentuk bulat telur tebalik sampai membulat dengan ukuran yang relatif kecil, bunga jantan memiliki empat perhiasan bunga dan bakal buah yang sedikit berambut atau tidak sama sekali. Sedangkan Begonia holosericeoides memiliki tangaki perbungaan betina yang panjang, bakal buah dengan sedikit rambut atau tidak sama sekali dan daun berbentuk bulat telur dengan ujung melancip. Staf Teknisi Kebun Raya Bogor ini juga menambahkan kedua jenis Begonia ini berpotensi sebagai tanaman hias, karena memiliki daun yang unik. Begonia holosericeoides memiliki daun berwarna kemerahan dengan bercak-bercak putih dan cuckup adaptif ditanam pada dataran rendah asalkan ditanam pada tempat yang ternaung dengan kelembaban udara yang cukup tinggi. Hasil temuan ini telah diterbitkan pada pertengahan Desember 2014 di Jurnal Renwardtia Vol 14, No 1, hal: 19 26. Wisnu mengatakan di tahun 2015 direncanakan paling tidak menerbitkan dua jenis baru dari Maluku, yang saat ini dalam proses observasi dan identifikasi.

» Artikel terkait :

» Tanggapan :

  • Komentar Anda :
    Setiap komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Penulis. Khusus untuk komentar dari sivitas LIPI yang ditulis melalui halaman BLOG setelah masuk Intra LIPI langsung ditampilkan tanpa perlu persetujuan Penulis.

    Nama :
      (wajib diisi)
    Surat-e pengirim :
      (wajib diisi)
    Situs pengirim : (kalau ada)

    Isi komentar : (tidak diperkenankan memakai kode HTML)
      (wajib diisi)
    Kata-kunci dinamis :   (wajib diisi)     [ lihat disini ! ]
      atau  

» 1 komentar
» 237 kali diakses
» 0 kali dikirim
» 5 kali dicetak
versi cetak »
kirim ke teman »
berbagi ke facebook »
berbagi ke Twitter »
simpan halaman ini »
terjemahkan halaman ini »

Artikel Berita
Arsip blog dengan kata-kunci :  

PERHATIAN : Seluruh isi blog ini merupakan representasi dari pandangan dan opini personal pemilik blog sebagai bagian dari kebebasan akademis sivitas LIPI, tetapi BUKAN merupakan representasi kebijakan LIPI secara kelembagaan ! Seluruh isi merupakan tanggung-jawab individu pemilik blog, dan LIPI tidak bertanggung-jawab atas isi maupun aneka akibat baik langsung maupun tidak langsung yang ditimbulkannya.
Berbeda dengan blog pada umumnya, identitas penulis di Blog Sivitas LIPI dijamin kebenarannya.
Artikel yang telah mendapatkan tanggapan tidak bisa direvisi oleh penulis.
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2002-2017 LIPI