Sabtu, 24 Juni 2017  

Situs LIPI »   Blog LIPI »  

foto
» Profil
» Publikasi
» Kegiatan
» Berita
» Perjalanan LN
» Tamu
» Afiliasi
  »   P2 SMTP
  »   Kelompok riset
  »   Laboratorium
  »   Grup diskusi :
KUM | FORCALIP |
»
      tidak ada...
» Tautan favorit
  »   Intra LIPI
  »   Info LIPI
» Statistik
  »   1 artikel
  »   2 komentar
  »   369 kali diakses
  »   0 kali dikirim
  »   7 kali dicetak
» Darmawan Baginda Napitupulu ISSN 2086-5252 halaman depan »

» Daftar artikel di kategori yang sama

Presentasi Mid-Year Meeting di Summit
Dibuat : 10/08/16 (08:33 WIB)
Revisi terakhir : 14/10/16 (16:40 WIB)
URL pendek : http://u.lipi.go.id/1470792810

Berdasarkan surat tugas atau nota dinas kapuslit smtp merespon surat undangan sebagai pembicara di acara mid-year meeting di Summit, pada hari Jumat 29 JUli 2016 saya berangkat menghadiri undangan tersebut. Tema diskusi yang diangkat adalah terkait strategi sistem informasi atau e-business dan kaitannya dengan tata kelola (IT) di perusahaan. Acara sharing diskusi yang dimulai pukul 08.00 wib dihadiri langsung oleh Presiden Direktur selaku Owner yakni Bpk. Eric Martoyo dan segenap jajaran manajemen serta staf di perusahaan Summit. Peserta mengikuti paparan presentasi dengan fokus dan antusias serta diselingi pertanyaan di tengah-tengah presentasi. PT. Summit adalah perusahaan yang bergerak sebagai distributor alat-alat kesehatan (alkes) dimana clientnya kebanyakan adalah rumah sakit dan klinik kesehatan. Bersamaan dengan materi yang disampaikan, mereka mulai faham pentingnya peranan sistem informasi di sebuah perusahaan yakni mulai dari yang bersifat otomasi proses bisnis hingga menciptakan keunggulan bersaing bagi perusahaan. Aplikasi sistem informasi di perusahaan beraneka ragam dilihat dari sudut pandang stakeholder, misalnya CRM terkait dengan customer, SCM terkait dengan supplier hingga ERP yang bersifat integrated. Tentunya investasi yang dikeluarkan perusahaan harus melalui kajian kebutuhan yang real bukan sekedar ikut trend atau haus teknologi sehingga investasi yang ditanamkan dapat memberikan hasil yang sesuai dengan ekspektasi perusahaan. Adapun dalam siklus pengembangan sistem informasi yang lazim seperti SDLC, ada fase perencanaan terlebih dahulu di awal untuk mengidentifikasi kebutuhan hingga menjustifikasi kelayakan proyek. Beberapa metode yang dapat digunakan untuk menguji layak atau tidaknya proyek sistem informasi adalah dengan cost-benefit analysis, information economics, dll. Keuntungan yang diberikan oleh sistem informasi dapat bersifat tangible dan intangible benefit dimana tangible adalah keuntungan yang dapat diukur atua dikuantifikasikan secara langsung sedangkan intangible benefit yakni keuntungan yang tidak berhubungan langsung dengan finansial. Kedua jenis benefit ini harus diukur ketika proses perencanaan pengembangan sistem informasi di perusahaan.

» Artikel terkait :

» Tanggapan :

  • property syariah (propertisyariahb [AT] gmail.com) - 13/10/16 (13:23 WIB)

    Thank you for sharing this info

  • Darmawan Baginda Napitupulu - 14/10/16 (16:40 WIB)

    Terima kasih kembali pak.

  • Komentar Anda :
    Setiap komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Penulis. Khusus untuk komentar dari sivitas LIPI yang ditulis melalui halaman BLOG setelah masuk Intra LIPI langsung ditampilkan tanpa perlu persetujuan Penulis.

    Nama :
      (wajib diisi)
    Surat-e pengirim :
      (wajib diisi)
    Situs pengirim : (kalau ada)

    Isi komentar : (tidak diperkenankan memakai kode HTML)
      (wajib diisi)
    Kata-kunci dinamis :   (wajib diisi)     [ lihat disini ! ]
      atau  

» 2 komentar
» 371 kali diakses
» 0 kali dikirim
» 7 kali dicetak
versi cetak »
kirim ke teman »
berbagi ke facebook »
berbagi ke Twitter »
simpan halaman ini »
terjemahkan halaman ini »

Arsip blog dengan kata-kunci :  

PERHATIAN : Seluruh isi blog ini merupakan representasi dari pandangan dan opini personal pemilik blog sebagai bagian dari kebebasan akademis sivitas LIPI, tetapi BUKAN merupakan representasi kebijakan LIPI secara kelembagaan ! Seluruh isi merupakan tanggung-jawab individu pemilik blog, dan LIPI tidak bertanggung-jawab atas isi maupun aneka akibat baik langsung maupun tidak langsung yang ditimbulkannya.
Berbeda dengan blog pada umumnya, identitas penulis di Blog Sivitas LIPI dijamin kebenarannya.
Artikel yang telah mendapatkan tanggapan tidak bisa direvisi oleh penulis.
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2002-2017 LIPI