Minggu, 17 Desember 2017  

Situs LIPI »   Blog LIPI »  

foto
» Profil
» Publikasi
» Kegiatan
» Berita
» Perjalanan LN
» Tamu
» Afiliasi
  »   Pusinov
  »   Kelompok riset
  »   Laboratorium
  »   Grup diskusi :
PUSINOV |
»
      tidak ada...
» Tautan favorit
  »   Intra LIPI
  »   Info LIPI
» Statistik
  »   14 artikel
  »   17 komentar
  »   10.570 kali diakses
  »   2 kali dikirim
  »   439 kali dicetak
» Syafrizal Maludin ISSN 2086-5252 halaman depan »

» Daftar artikel di kategori yang sama

Review Inovasi 2016
Dibuat : 01/01/17 (01:42 WIB)
Revisi terakhir : 01/01/17 (01:51 WIB)
URL pendek : http://u.lipi.go.id/1483209777

Manajemen Inovasi adalah Ilmu yang masih muda dibandingkan dengan ilmu lain. Jika penghitungan statistik dikenal pertama kali dikenal pada tahun 1662 melalui artikel berjudul “Natural and Political Observation Made Upon Bills of Mortality” oleh John Graunt, maka ilmu ini berkembang dengan “Capitalism, Socialism and Democracy” Pada tahun 1942 oleh Joseph Schumpeter. Umurnya terpaut dekat dengan Manajemen Strategi yang berkembang sejak 1950an.

Menjawab pertanyaan atas sebuah nama Prometheus untuk jurnal ilmu inovasi, sang Profesor menjelaskan melalui pandangan Marx dan Schumpeter terhadap teknologi. Marx berpendapat bahwa teknologi akan menurunkan menggantikan peran kaum proletar. Disisi lain, Schumpeter memandang pentingnya InovasiTeknologi dan Wirausaha dalam perkembangan perekonomian. Prometheus adalah Dewa Yunani yang berhasil mencuri api dari Zeus. Zeus menyembunyikan unsur api dari bumi dan berpendapat bahwa unsur ini akan menghancurkan bumi. Disisi lain, Prometheus memandang bahwa api adalah unsur penting di bumi.

Ayunan Pendulum Marx dan Schumpeter

Menjelang tahun baru 2017 berita gembira dari Tom Spurling, yang pernah menjadi Manager CSIRO-LIPI Management Systems Strengthening Project (1998 – 2001), atas kelahiran cucunya dengan nama yang sama kecuali nama tengahnya. Tahun lalu surelnya ditambah dengan publikasinya yang berjudul “Translating Research for Economic and Social Benefit: Country Comparisons”. Tahun ini berita gembira tersebut ditambahkan dengan referensi tulisan Mark Dodgson, Direktur Technology & Innovation Manager Center, UQ Business School di World Economic Forum berjudul “There will be much less work in the future. We need to rethink our societies”.

Pada tulisannya digambarkan penggunaan teknologi yang menggantikan pekerjaan manusia. Sampai tahun 2015 menurut McKinsey penggunaan otomasi dan mesin mampu menggantikan pekerjaan yang dilakukan oleh manusia sampai 45 persen. Bukan hanya Perusahaan Taksi yang tergantikan dengan beroperasinya Uber dan Grab, tapi juga pekerjaan mekanikal seperti overnight service Tesla yang menggunakan komputer.

Krisis jumlah petani terpecahkan dengan Precision Farming yang menggunakan satelit. Kodifikasi alternatif keputusan bisa menggantikan salah satu metode Peneliti dalam melakukan observasi atau menggantikan profesi Pengacara dalam menyusun pasal pembelaan.

Moda transportasi masal juga bisa bergeser dari online menjadi menggunakan Advance Driver Assistance Systems (ADAS) sehingga tidak dibutuhkan lagi pengemudi. Kendaraannya pun adalah electrified vehicles dengan kapasitas dan kekuatan yang sudah mendekati kendaraan bermesin bakar.

Pendulum seolah berayun pada Marx dengan posisi teknologi sebagai ancaman dan bukan solusi pada kehidupan manusia. Sudut Marx memandang teknologi sebagai alat kapitalis dalam memanfaatkan tenaga kerja sehingga menjadi murah dan tergantikan.

Blockchain, salah satu inovasi yang menjadi buzzword pada tahun 2016. Teknologi ini masuk dalam kelompok Teknologi Pengganggu Kemapanan (disruptive innovation) setelah Bitcoin Protocol yang dikembangkan oleh Satoshi Nakamoto.

Jika dulu pencetakan uang dijamin dengan emas, maka beberapa negara besar saat ini tidak mengacu pada cadangan emas. Bitcoin mendasarkan penciptaan protocol dengan memanfatkan teknologi informasi dan kepercayaan masa secara virtual. Blockchain bekerja pada lingkup yang lebih besar. Menurut Don Tapscott, CEO dari Tapscott Group, teknologi ini memungkinkan transaksi keuangan tanpa melalui bank lebih jauh sehingga nantinya bank sentral tidak dibutuhkan lagi.

Playing God

Bayangkan jika seseorang merasa saat ini hidupnya belum bermanfaat dan memutuskan untuk melakukan hibernasi untuk bisa hidup lagi 10 tahun lagi dengan kemampuan yang sama seperti saat dilakukan hibernasi. Cara ini pernah menjadi perdebatan di sebuah media televisi terkait Penelitian yang dilakukan pada beberapa makhluk hidup dengan kemampuan hibernasi.

Bayangkan seorang anak terlahir dengan tiga orang tua kandung. Perdebatan mengenai kasus ini bukan untuk sebuah penelitian, namun saat ini sudah terjadi. Ibu yang mengandung dengan mitochondria yang tidak sehat mencangkokan janin pada wanita lain dengan michondria yang sehat. Perdebatan pada Stream Al-Jazeera ini memberikan gambaran potensi rekayasa terhadap manusia yang akan dilahirkan. Dengan teknologi ini, tujuannya bayi yang terlahir sempurna. Manusia yang hidup nantinya adalah yang memiliki kemampuan fisik dan berpikir yang prima.

Disinilah peran Etika Ilmuwan. Menimbang manfaat dan aplikasi sebuah hasil penelitian. Pengalihan teknologi cloning pada manusia dikembangkan pada organ sehingga kapasitas dan kualitas jantung, ginjal, paru menjadi stabil tanpa mengalami penurunan. Baik tidaknya dikembalikan pada nurani Peneliti.

Bisa saja argumennya adalah untuk kesehatan seperti pada bedah estetik. Operasi wajah dan kulit sudah banyak dilakukan. Kulit semakin putih. Kerutan wajah yang berkurang (tidak menyebar), dengan bentuk hidung yang semakin mancung. Masalah selanjutnya adalah pada kualitas organ. Sehingga mungkin akan sempurna jika tampilan yang awet muda dan didukung dengan kemampuan organnya yang tetap kuat. Tapi apakah memang harus seperti itu?

Augment Reality yang dikembangkan saat ini dilengkapi dengan anjungan yang disesuaikan. Kita tidak perlu terbang ke Mars untuk mendapatkan pengalaman mengunjungi Planet Mars. Pengunjung masuk ke ruang hampa udara dengan AR melengkapi pandangannya. Namun saat AR dilengkapi dengan sejenis pil ajaib atau seperangkat alat yang memanipulasi otak, maka ceritanya menjadi berbeda. Tidak perlu mencari pasangan hidup, pengguna aplikasi ini bisa memilih bentuk pasangan yang disukai lengkap dengan ornamenya. Masalah mahalnya pernikahan dan keengganan berkomitmen seumur hidup seolah-olah bisa terselesaikan.

Resolution

Kita tidak bisa menghindar dari perubahan teknologi yang berpengaruh pada struktur sosial, budaya, ekonomi, pertahanan, keamanan dan politik. Apa betul sampai sejauh itu. Pada review 2016 di BBC ditayangkan sebuah pertanyaan pada Vladimir Putin terkait peretasan tingkat tinggi pada masa Pemilihan Presiden Amerika Serikat. Institusi Sandi Negara menjadi frontline penting untuk menjaga kedaulatan virtual ini. Anggaran cyber security strategy pada negara-negara maju melingkupi rekrutmen dan pengembangan struktur yang menangani kedaulatan virtual.

Disisi lain, pemanasan global memicu pengembangan sumber energi alternatif. Sesuai dengan karakter ini, maka dia tidak bisa dipandang untuk menggantikan sumber daya energi fosil secara dramatis (evolution not revolution). Tahapan pemantapan penggunaan energi alternatif bisa dipelajari dari kisah sukses Brazil.

Seperti pada akhir masa perkuliahannya, Mark menarik perhatian Mahasiswanya pada sesuatu yang baru seperti FUN sebagai unsur penting dalam kuliah Developing Business from Science. Pada akhir paragraf tulisannya berbunyi: “In a world where conventional jobs are fading away, but we have greater opportunities to “live wisely”, T S Eliot’s dictum, that CULTURE is what makes life worth living, is an important guide.

» Artikel terkait :

» Tanggapan :

  • Komentar Anda :
    Setiap komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Penulis. Khusus untuk komentar dari sivitas LIPI yang ditulis melalui halaman BLOG setelah masuk Intra LIPI langsung ditampilkan tanpa perlu persetujuan Penulis.

    Nama :
      (wajib diisi)
    Surat-e pengirim :
      (wajib diisi)
    Situs pengirim : (kalau ada)

    Isi komentar : (tidak diperkenankan memakai kode HTML)
      (wajib diisi)
    Kata-kunci dinamis :   (wajib diisi)     [ lihat disini ! ]
      atau  

» 1 komentar
» 717 kali diakses
» 1 kali dikirim
» 108 kali dicetak
versi cetak »
kirim ke teman »
berbagi ke facebook »
berbagi ke Twitter »
simpan halaman ini »
terjemahkan halaman ini »

Innovation Technolog
Arsip blog dengan kata-kunci :  

PERHATIAN : Seluruh isi blog ini merupakan representasi dari pandangan dan opini personal pemilik blog sebagai bagian dari kebebasan akademis sivitas LIPI, tetapi BUKAN merupakan representasi kebijakan LIPI secara kelembagaan ! Seluruh isi merupakan tanggung-jawab individu pemilik blog, dan LIPI tidak bertanggung-jawab atas isi maupun aneka akibat baik langsung maupun tidak langsung yang ditimbulkannya.
Berbeda dengan blog pada umumnya, identitas penulis di Blog Sivitas LIPI dijamin kebenarannya.
Artikel yang telah mendapatkan tanggapan tidak bisa direvisi oleh penulis.
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2002-2017 LIPI